1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Propolis dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Madu Tanjung | 14.51.00 | 0 komentar


Propolis adalah produk yang dihasilkan oleh lebah pekerja yang berasal dari resin (getah) bagian tumbuhan. Sekitar 200.000 lebah madu setiap tahunnya mampu menghasilkan 20 gram propolis.

Bagi lebah, manfaat propolis adalah untuk membuat sarang mereka steril dan bebas dari serangan jamur, bakteri, serta berbagai macam penyakit. Manfaat propolis diperoleh dari resin (getah) sebagai bahan dasar yang diambil oleh para lebah dikumpulkan di dalam sarang, lalu dicampur serbuk bunga dan wax serta lendir atau air liur lebah (50-55% Resin, 10% Etheric Oil, 5-10% serbuk sari, dan 30% wax).

Campuran ini bersifat lentur dan disebut dengan propolis. Sejak manfaat propolis bagi lebah diketahui, maka untuk kesehatan, manusia pun mulai menggunakan propolis. Dibandingkan produk kesehatan alami lainnya, propolis bereaksi sangat cepat ketika ada serangan virus atau kuman.



Tak hanya itu, kandungan propolis yang beragam menjadikan manfaatnya pun beragam seperti kandungan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Vitamin B-Complex, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin H terdapat dalam propolis. Serta berbagai unsur mineral atau kalsium, Zat besi, Copper, Chrome, Zink, Silizium, Mangan, hingga Vanadium. Antibiotik alami yang sangat kuat untuk menjaga sistem imun tubuh juga dimiliki propolis yaitu Enzim Bioflavonoid dan Azam Amino essensial.

Beberapa orang juga mengimbangi nutrisi ini dengan vitamin dari bahan spirulina. Berikut ini kandungan yang ada dalam propolis:

  1. Propolis sangat ampuh dalam membunuh kuman, terbukti dengan ditemukannya seekor tikus dalam sarang lebah yang telah mati selama kurang lebih 5 tahun dalam keadaan TIDAK MEMBUSUK.
  2. Berkat Propolis sarang lebah menjadi tempat paling steril di dunia, bahkan lebih steril dibanding kamar bedah di rumah sakit modern.
  3. Propolis mengandung SEMUA VITAMIN kecuali vitamin K. Propolis mengandung SEMUA MINERAL yang dibutuhkan tubuh kecuali Sulfur.
  4. Propolis mengandung Bioflavanoid, yaitu zat antioksidan sebagai suplemen sel.
  5. Menurut penelitian, kandungan Bioflavonoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavonoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.

Antibiotik dan anti oksidan alami yang sangat kuat; 750 kali kekuatan vitamin C.

Sedangkan manfaat propolis adalah:

  1. Sebagai anti bakteri dan anti virus.
  2. Dapat mencegah penuaan dini.
  3. Dapat melawan Giardia sp. dan Trichomonas sp. dengan berperan menjadi anti parasit- aktif.
  4. Dapat menyembuhkan peradangan.
  5. Dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan menstimulasi produksi anti bodi.
  6. Sebagai anti tumor dan dapat memberikan perlindungan dari paparan radiasi.



Sumber : www.kompasiana.com

Category: ,

0 komentar