1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan

Madu Tanjung | 20.57.00 | 1 komentar


Madu hitam, seperti Namanya madu ini mempunyai warna yang hitam, dan rasanya juga berbeda dari madu lain yang biasanya manis, madu hitam mempunyai rasa yang pahit.

Tapi jangan salah, walaupun pahit dan bewarna hitam, madu ini mempunyai kandungan nutrisi yang lebih kaya daripada madu biasa. Madu hitam sudah di kenal sebagai obat tradisional di Indonesia.

Madu hitam berasal nektar bunga pohon mahoni yang memiliki zat alkaloid tinggi yang mengandung anti infeksi, hal inilah yang membuatnya memiliki rasa yang pahit dan bewarna coklat tua atau hitam.

Salah satu senyawa yang membuat madu hitam lebih unggul dari madu biasa adalah karena kandungan asam fenolat dan flavonoid, salah satu senyawa penting pada tumbuhan dan jenisnya beragam.



Asam fenolat berperan penting dalam tubuh manusia yang berperan sebagai antioksidan alami yang menghambat radikal bebas. Kandungan asam fenolat pada madu hitam dapat memperkuat imun tubuh, antikanker, anti inflamasi, dan menghindari penggumpalan trombosit.

Sama seperti asam fenolat, flavonoid juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Selain itu juga dapat meregenasi sel saraf dari kerusakan.

Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari madu hitam :

1. Menurunkan Gula Darah

Kandungan gula dan glukosa pada madu hitam ini lebih rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dengan catatan konsultasi dahulu ke dokter.

2. Menurunkan Kolesterol

Madu hitam dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan berbagai penyakit didalam tubuh.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Madu hitam mempunyai anti inflamasi yang bermanfaat untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit.

Manfaat lainnya yang di dapat dari madu hitam adalah mengatasi gangguan pernapasan, menurunkan gejala asam urat, menambah stamina, mangatasi gangguan pencernaan dan masih banyak lagi.

 

Sumber :

Good Doctor

99

Liputan 6

Sehatq

Merdeka

Alo Dokter


Category: ,

1 komentar:

  1. madu mmeiliki manfaat yang sangat tinggi salah satunya dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh dan berbagai penyakit dan hindari bahaya kutil kelamin

    BalasHapus