1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Madu, Lebah Madu Dan Manfaatnya

Global Web | 11.33.00 | 0 komentar

Madu Tanjung | 100% Madu Murni – Lebah madu adalah salah satu jenis serangga dengan 20.000 spesies.Sekitar 7 spesies yang dikenal dengan sekitar 44 subspesies.Semua spesies ini termasuk genus Apis.

Mereka menyimpan madu yang diambil dari nectar bunga.Mereka juga membuat sarang dari lilin yang dibuat oleh lebah pekerja.

Beberapa lebah madu yang ada di Indonesia adalah Apis Andreniformis, Apis Cerana, dan Apis Dorsata.Khusus di Kalimantan yaitu Apis Koschevnikovi.

Sejarah Lebah Madu

Lebah madu sudah dikenal manusia sejak ribuan tahun yang lalu.Dalam Al-Quran madu menjadi sebuah judul yaitu An-Nahl(lebah madu), dalam salah satu ayatnya tertulis :



Pembudidayaan madu berasal dari Kawasan Laut Tengah, yang selanjutnya menyebar ke seluruh dunia.Bangsa mesir dahulu membuat corong dari tanah liat sebagai sarang lebah, yang kemudian menjadi anyaman.

Di afrika, lebah madu dipelihara dalam bongkahan kayu dengan bentuk silinder dan digantung dipohon.Rusia mulai mengembangkan budidaya madu sejak abad 10.Teknik budidaya lebah madu dengan sarang yang bisa dipindahkan diperkenalkan oleh Peter Prokovich (1775-1850).

Tentang Madu

Madu mengandung glukosa dan fruktosa dengan jumlah yang tinggi.Kandungan tersebut mudah diserap usus bersama zat organik lain, sehingga dapat menjadi stimulan bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan.Selain itu madu memiliki antimikroba.Madu juga memiliki senyawa anti bakteri,yaitu S,Aureus dan B,Cereus.

Banyak ilmuwan tersohor menganjurkan kita untuk mengkonsumsi madu,salah satunya Ibnu Sina(Avicenna).Karena dapat menjaga kekuatan sehingga dapat bekerja walapun usia senja.

Dia juga menganjurkan manusia yang sudah berumur 45 tahun keatas sebaiknya minum madu secara teratur.

Madu berbeda dengan gula biasa yang dapat merusak gigi karena bakteri asam laktat, madu mengandung antibiotic.Meskipun rendah, tetapi dapat berfungsi sebagai desinfeksi rongga mulut.

Khasiat dan Manfaat Madu

Madu dapat dikonsumsi segala tingkatan, mulai dari janin hingga orang tau.Madu dapat memperkuat janin dalam kandungan.Bagi ibu hamil, madu dapat membanti menjaga kesehatan dan stamina selama mengandung, dan memberi asupan gizi yang tinggi untuk janin.

Banyak produk bayi yang digabung dengan madu, seperti susu atau bubur bayi.Ini karena madu memberikan gizi yang tinggi dan baik untuk bayi.Unsur vitamin B didalam madu dapat membantu nafsu makan anak meningkat, sehingga dapat tumbuh sehat dan tahan penyakit.

Tidak hanya untuk anak-anak, madu juga sangat bermanfaat untuk orang dewasa.Tingkat kelelahan karena pekerjaan dapat membuat tubuh lemah dan mudah terserang penyakit.Seperti pekerja pabrik yang bekerja seharian penuh.
Dalam hal ini, madu adalah makanan tambahan terbaik.Karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengembalikan stamina yang hilang.

 Sumber : http://satriasputra.blogspot.com/

Category: ,

0 komentar