1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Efektivitas Propolis Lebah dalam Melawan Sel Kanker

Madu Tanjung | 08.24.00 | 0 komentar

Madu Tanjung | 100% Madu Murni - Propolis lebah terbuat dari resin pohon dan lilin yang diproduksi oleh kelenjar yang terletak di bawah perut lebah.

Propolis dipercaya memiliki sifat antikanker, antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiseptik, sehingga menarik perhatian banyak ahli untuk menelitinya lebih lanjut.

Komponen

Propolis memiliki kualitas antiseptik dan digunakan untuk mensterilkan sarang sehingga ratu lebah dapat meletakkan telur-telurnya dengan aman.

Propolis terdiri dari 55 persen senyawa resin, 30 persen lilin lebah, 10 persen minyak aromatik dan 5 persen serbuk sari.

Antikarsinogenik

Beberapa studi telah dilakukan untuk memahami efektivitas propolis dalam melawan kanker.

Hasil penelitian laboratorium menunjukkan kemampuan propolis dalam menghambat pertumbuhan tumor dan memperpanjang umur tikus.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Nutrition and Cancer pada tahun 2003 mengungkapkan bahwa propolis merangsang apoptosis (kematian sel terprogram) dan nekrosis (kematian sel) dari tumor kanker paru-paru pada tikus.

Studi lain menunjukkan bahwa propolis menghambat sintesis DNA, RNA, dan protein pada leukemia.

Efek anti kanker lain

Etanol yang diekstrak dari propolis telah terbukti mengubah sel kanker hati dan kanker rahim sehingga mencegah pertumbuhannya lebih lanjut.

Unsur-unsur dalam propolis yang menghambat pertumbuhan dan menghancurkan sel-sel kanker adalah quercetin (antioksidan alami), asam caffeic, dan clerodane diterpendoid.

Clerodane diterpendoid merupakan zat yang mampu menghambat tumbuhnya sel tumor, sedang asam caffeic berguna mempromosikan kematian sel kanker payudara, melanoma, kolon, dan kanker ginjal.

Zat lain yang ditemukan dalam propolis disebut Artepillin C dan terbukti menjadi racun bagi sel karsinoma lambung dan sel kanker paru-paru.

Efek antioksidan

Selama fungsi normal, sel pada manusia memproduksi radikal bebas sebagai produk sampingan.

Radikal bebas berkontribusi terhadap kanker. Kandungan flavonoid dalam propolis menunjukkan kemampuan mencegah radikal bebas dan melindungi vitamin dan lipid dalam tubuh dari kehancuran.

Manfaat lain

Propolis juga menunjukkan kemampuan mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan serta sebagai obat bius.

Propolis telah lama digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan sariawan. Propolis juga berguna memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.
Sumber : www.amazine.co

Category: , ,

0 komentar