1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

MADU ASLI UNTUK OBAT GATAL-GATAL

Madu Tanjung | 17.30.00 | 0 komentar

Cara penggunaan madu untuk mengobati gatal kulit

Madu dikenal sebagai cairan multivitamin yang sangat baik digunakan untuk penyembuhan, kecantikan, suplemen alami dan untuk meningkatkan daya imunitas tubuh.

Madu juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan gatal kulit, karena di dalam madu terkandung nutrisi sebagai zat anti inflamasi dan anti bakterial.

Madu sebagai anti inflamasi : 
Madu mengandung zat flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan radikal bebas penyebab radang pada kulit yang gatal, atau biasanya dikenal dengan ruam dan berwarna kemerahan.

Flavonoid yang terkandung dalam madu murni juga sangat baik sebagai anti alergi dan dapat mempercepat proses penyembukan luka gatal.

Madu sebagai anti bakterial :

Anti bakterial pada madu dihasilkan oleh enzim hidrogen peroksida yang terkenal ampuh mematikan bakteri.Ini karena kekentalan madu dan pH madu yang berkisar 3,2 sampat 4,5. Pada kadar tersebut bakteri tidak mampu tumbuh dengan baik, sehingga madu sangat cocok digunakan sebagai pilihan antiseptik alami dalam penyembuhan gatal kulit.

Untuk menggunakan madu sebagai obat untuk gatal juga sangat mudah. Dapat langsung dioleskan ke bagian kulit yang gatal dan bisa juga diimbangi dengan pengobatan dari dalam. Namun, ada beberapa langkah yang harus dilakukan :

Bersihkan kulit yang gatal dengan air hangat sebelum dioles madu. Hal ini dilakukan supaya menghilangkan kuman yang menempel pada kulit dan dapat membuka pori kulit supaya madu terserap secara optimal

Keringkan dengan handuk khusus yang bersih. Usahakan untuk menepuk secara perlahan supaya gatal tidak menyebar ke bagian kulit yang lain. Untuk gatal-gatal ringan, madu asli bisa langsung dioleskan pada kulit.

Pada kasus gatal parah, seperti eksim basah, dapat menggunakan kunyit sebagai bahan campuran. Caranya cukup mudah, parut beberapa ruas kunyit kemudian peras.

Ambil satu sendok makan perasan air kunyit tersebut (bisa juga menggunakan bubuk kunyit) dan campurkan dengan 2 sendok makan madu asli. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada kulit yang gatal.

Tunggu sampai kering atau sekitar 30 menit. Kemudian cuci kembali dengan air hangat. Lakukan setiap hari sampai gatal-gatal berangsur sembuh.

Agar lebih optimal, dapat dibarengi dengan penyembuhan dari dalam, yakni dengan mengonsumsi air kelapa hijau yang dicampur dengan 2 sendok makan madu asli. Air kelapa hijau dikenal mampu membunuh toksin penyebab alergi pada tubuh.

Selain menggunaan madu untuk gatal kulit, upayakan untuk tidak melakukan garukan pada kulit yang gatal. Menggaruk justru akan mengakibatkan kulit lecet dan luka semakin terbuka (melebar).

Pastikan kamu menggunakan madu asli yang berkualitas agar mendapat khasiat yang maksimal. Kamu bisa menghungi Madu Tanjung untuk mendapatkan madu asli.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan dapat menjadi solusi bagi Anda yang menderita gatal kulit.
Sumber. www.refillmadu.com

Category: , , ,

0 komentar