1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

5 Fakta Menarik Lebah Madu

Madu Tanjung | 15.19.00 | 0 komentar

 

Photo by Dmitry Grigoriev on Unsplash

          Kamu pasti sudah tau madu dihasilkan oleh lebah yang membantu penyerbukan bunga dan membuat madu bersama koloninya, tapi kamu pasti belum tau 5 fakta kecil dari lebah, berikut ulasannya.

 

1. Lebah Madu Serangga yang Pintar

Lebah sangat pandai mendetekasi perubahan pada tekanan udara, sehingga mereka tau kapan akan hujan dan akan tetap akan tinggal di sarangnya.

Lebah juga lebih sering bergerak berkelompok dengan koloninya agar tetap hangat, dan memakan madu selama mereka tinggal di dalam sarang sampai cuaca kembali normal.

 

2. Bisa Mengepakkan Sayap 11.400/Menit

          Tahukah kamu, lebah ternyata mengepakkan sayapnya hingga 11.400x per menit dan menghasilkan bunyi dengung yang kita kenal. Kecepatan terbangnya dapat mencapai 23km per jam dan sanggup menjelajah sejauh 10 km.

Gerakan sayap lebah juga berbeda dengan burung, jika burung mengepakkan sayapnya keatas dan kebawah, lebah ke depan dan ke balakang. Cara terbang yang unik ini ternyata sangat efisien, ketika berada di angin kencang lebah tidak memerlukan tenaga lebih.


3. Lebah Sangat Menjaga Suhu Sarangnya

          Tingkat kelembapan sarang sangat penting bagi lebah agar madu didalamnya tidak rusak dan manfaatnya hilang, sehingga ada kelompok lebah yang bertugas untuk menjaga kelembapan sarang,Jika suhu di dalam sarang terasa panas, mereka akan mengipasi sarang dengan sayap agar udara panasnya keluar.

  

4. Menempuh Ribuan Kilometer untuk Mengumpulkan Nektar

Lebah ternyata menembuh 3,2 - 11 kilometer hanya untuk mengumpulkan nektar, tanpa tersesat dan tau jalan pulang ke sarangnya, kenapa?

Ini karena lebah menggunakan  arah matahari sebagai pemandu, sehingga lebah dapat pulang ke sarangnya setelah terbang jauh.


5. Berkomunikasi dengan Menari

Salah fakta unik lebah adalah mereka berkomunikasi dengan menari, ketika salah satu lebah menemukan sumber nektar, dia akan kembali ke sarang dan memberi tau teman-temannya dengan tarian, fenomena ini sudah teliti dengan beberapa metode secara ilmiah.


Sumber : Warstek

 

Category:

0 komentar