1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Cara Membuat Masker Madu untuk Jerawat, Wajah dan Rambut

Global Web | 21.00.00 | 0 komentar

Madu Tanjung | 100% Madu Murni -  Masker madu merupakan salah satu cara perawatan wajah alami yang sekarang ini sedang menjadi tren. Benar sekali makin kesini perempuan Indonesia bahkan dunia lebih memilih menggunakan bahan alami untuk merawat kecantikan mereka dibandingkan dengan produk kimia yang punya banyak efek samping.


Manfaat Masker Madu

Manfaat dari masker madu ini sangat banyak, tergantung dengan campuran bahan yang digunakannya. Namun secara umum, manfaatnya sama dengan manfaat madu murni untuk kecantikan. Kecantikan disini meliputi perawatan wajah, kulit dan rambut.

Menurut situs istanamadu.com, manfaat masker madu diantaranya dapat mengatasi jerawat, memutihkan kulit wajah, mengatasi kulit kering, berminyak, hingga kulit sensitif.

Madu juga ampuh untuk menghilangkan noda hitam (flek), serta menghilangkan bekas jerawat dan membuat rambut berkilau.

Cara Membuat Masker Madu

Untuk membuat masker madu, caranya tidaklah sulit. Yang diperlukan sebenarnya hanyalah kemauan dan kesabaran. Karena perawatan dengan bahan alami hasilnya tidak instant seperti menggunakan produk kimia.
Namun, bahan alami ini hampir tidak mempunyai efek samping jika digunakan sewajarnya. Agar mendapat hasil maksimal madu dapat dicampur dengan bahan alami lain, berikut penjelasannya..


Masker Madu Murni

Pertama, gunakan madu murni sebagai masker karena cocok untuk segala jenis kulit. Cuci muka terlebih dahulu dengan air hangat agar nutrisi dari madu terserap dengan sempurna.
Setelah itu ratakan madu ke seluruh wajah, lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan gunakan handuk bersih untuk mengeringkan.Agar hasil maksimal gunakan pelembab wajah.


Masker Madu untuk Jerawat

Lidah buaya dapat digunakan sebagai kombinasi masker madu. Selain bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat.



Untuk membuatnya cukup campurkan 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan gel lidah buaya. Ratakan ramuan tersebut ke seluruh wajah dan biarkan 10 menit.Kemudia bilas dengan air hangat.

Selain lidah buaya, tree oil dan yogurt dapat digunakan untuk kombinasi masker madu. Sementara untuk kulit sensitif, gunakan campuran madu murni dengan air mawar.

Masker Madu dan Putih Telur



Masker ini sangat cocok untuk pemilik kulit kering, karena dapat menjaga kelembaban kulit.Untuk membuat ramuan ini diperlukan 1 butir telur, ambil putihnya saja dan 1 sendok madu, 2 bahan tersebut dicampur dan oleskan pada wajah secara merata dan biarkan sampai mengering.
Kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.


Masker Madu dan Lemon

Perpaduan madu dan lemon sangat berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Kandungan ph alami dalam lemon membuatnya mampu mencerahkan warna kulit tanpa membuatnya kering.



Sehingga dapat membuat warna kulit merata dan menghilangkan noda hitam pada kulit. Untuk membuat ramuan ini perlu 1 sendok makan air jeruk lemon dan 2 sendok makan madu.

Camput 2 bahan tersebut dan oleskan pada wajah, hindari bagian mata dan bibir.Setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu dan jangan terlalu sering.


Masker Madu dan Kayu Manis

Ternyata kombinasi madu dan kayu manis dapat mengatasi jerawat. Anda juga bisa menambahkan bubuk kunyit dan tepung beras untuk hasil lebih maksimal.



Caranya, campurkan 1 sendok makan madu, 3 sendok kecil tepung beras, 2 sendok kecil bubuk kayu manis dan 1 sendok kecil bubuk kunyit, aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut ke seluruh wajah dan leher, tapi jangan pada bagian mata dan mulut.

Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih dan keringkan dengan handuk. Jangan lupa gunakan pelembab wajah setelahnya.


Masker Madu dan Garam

Masker ini juga dapat mengatasi jerawat, tetapi hanya untuk pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Bagi yang mempunyai kulit kering jangan menggunakan masker ini karena hanya aakn membuat kulit bertambah kering.



Langsung saja, langkah pertama, cairkan 1 sendok teh garam dengan menggunakan 3 sendok makan air hangat. Setelah benar-benar larut, campurkan 3 sendok teh madu.

Kemudian, oleskan campuran dua bahan tadi pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan handuk yang dicelup (dibasahi) dengan air hangat.

Cuci muka dengan sabun untuk menghilangkan sisa masker. Jangan gunakan pada daerah yang luka dan lakukan perawatan ini maksimal 2 kali seminggu, jangan terlalu sering.



Masker Madu dan Beras

Kombinasi antara madu dan beras ditambah minyak zaitun merupakan perpaduan yang pas untuk memutihkan kulit wajah. Yang harus dipersiapkan adalah rendam beras pada sore hari sehingga pagi harinya sudah agak lunak.



Tumbuk beras tersebut hingga halus lalu dijemur hingga benar-benar kering. Kita sebut saja sebagai tepung beras.Ambil 2 sendok makan tepung beras, campurkan dengan 2 sendok makan madu hingga membentuk adonan mirip pasta.

Tambahkan sedikit minyak zaitun agar tidak terlalu lengket. Aplikasikan pada wajah, hindari bagian mata dan mulut. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Ingat jangan digosok!


Masker Madu untuk Rambut

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, khasiat masker madu bukan cuma untuk wajah tetapi baik juga untuk rambut. Berikut penjelasannya..

Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan utama beberapa produk kecantikan yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya, bagi kesehatan maupun kecantikan. Kombinasi antara madu dan minyak zaitun berkhasiat untuk mengembalikan kemilau rambut yang rusak atau kusam.



Campur 3 sendok makan minyak zaitun dengan 2 sendok makan madu lalu aduk hingga tercampur rata. Aplikasikan ramuan tersebut secara merata ke seluruh rambut mulai dari batang hingga ujungnya.

Jangan lupa sisir rambut agar nutrisi dapat terserap dengan baik dan tutup dengan shower cap. Biarkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air bersih.


Masker Madu dan Jeruk Nipis

Kulit kepala Anda terasa gatal karena ketombe? Gunakan ramuan madu dan jeruk nipis berikut ini untuk mengatasinya.



Caranya, ambul satu buah jeruk nipis dan peras airnya, campurkan dengan satu sendok makan madu murni. Sebelum menggunakan masker ini, sebaiknya bersihkan terlbih dahulu rambut Anda menggunakan shampo.

Aplikasikan ramuan tersebut secara merata pada kulit kepala dan rambut. Pijat kulit kepala secara lembut selama beberapa menit, bilas dengan air hingga bersih.


Masker Madu dan Susu

Susu dan madu dua bahan alami dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Madu disebut memiliki sejuta khasiat, sedangkan susu merupakan salah satu dari makanan 4 sehat 5 sempurna.



Bahan yang diperlukan adalah satu gelas susu dan satu sendok makan madu. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut hingga tercanpur rata. Aplikasan pada rambut secara merata.

Pijat dengan lembut dan biarkan sekitar 15 menit, lalu bilas dan keramas seperti biasa. Gunakan kondisioner untuk hasil terbaik.


Sumber :  carasehathidup.blogspot.co.id

Category: ,

0 komentar