1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

11 Manfaat Madu yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Madu Tanjung | 07.00.00 | 0 komentar

Madu Tanjung | 100% Madu Murni -  Madu diketahui memiliki manfat yang mengagumkan dan telah digunakan sebagai obat alami selama berabad-abad untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.



Madu menjadi andalan bagi ahli gizi, diet, dan herbal. Madu juga kaya akan gula alami seperti glukosa dan fruktosa.Selain itu, vitamin, mineral, dan antioksidan juga terdapat didalamnya.

Memasukkan madu dalam diet harian anda adalah salah satu cara yang paling sederhana sekaligus paling ampuh untuk mencegah berbagai penyakit. Cairan emas alami yang lezat ini juga merupakan alternatif pengganti gula putih.

Sebelum kita beralih ke manfaat madu untuk kesehatan, mari kita lihat beberapa fakta menarik berikut ini:

Penggunaan madu dalam pengobatan ayurveda telah dilakukan sejak 4000 tahun yang lalu. Madu ketika digunakan sebagai campuran dalam pengobatan herbal, dapat menambah kemampuan penyembuhannya.

Madu diketahui dapat meningkatkan kualitas penglihatan dan mengobati impotensi, diare, asma, gangguan saluran kemih, dan mual.

Pada jaman lampau, para atlet terbiasa mengkonsumsi madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan performa.

Madu juga dikatakan membantu mengobati bisul dan masalah yang disebabkan oleh bakteri gastroenteritis.

Madu adalah sumber yang kaya flavonoid dan antioksidan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Perpaduan fruktosa dan glukosa dalam madu membantu tubuh mengatur kadar gula darah.

Madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur karena adanya enzim yang memproduksi hidrogen peroksida.

Manfaat Madu

1. Kulit Cantik

Salah satu manfaat madu yang telah dikenal sejak dulu adalah madu dapat melakukan keajaiban bagi kulit anda. Itulah alasan mengapa anda akan menemukannya di banyak produk perawatan kulit saat ini. Madu bertindak sebagai agen anti-penuaan dan pelembab yang hebat.

Mereka kaya antioksidan alami yang memiliki sifat anti-mikroba. Madu membantu melindungi kulit anda dari sinar UV yang berbahaya dan memfasilitasi kemampuan peremajaan kulit.

Madu juga memiliki kemampuan untuk menyerap dan mempertahankan kelembaban sehingga membantu dalam menjaga kulit terhidrasi dengan baik, segar dan kenyal.

Telah diketahui bahwa wanita di masa lampau menggunakan madu dan susu untuk menjaga kulit tetap muda, bersinar dan halus. Berikut adalah beberapa resep mudah untuk masker wajah dan exfoliators (pengelupas kulit mati) yang bisa anda coba di rumah.

Resep Masker Wajah

Bahan:
– 1 sendok teh madu (asli)
– 1 sendok teh minyak zaitun
– Kuning telur
Cara penggunaan:
– Campurkan semua bahan bersama-sama dan oleskan pada wajah.
– Biarkan selama 15-20 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.
Masker ini akan membantu anda mendapatkan kulit bercahaya.

Resep Exfoliator Wajah
Gunakan ramuan ini untuk mengangkat sel kulit mati dari akarnya. Ramuan ini juga membantu dalam menghilangkan komedo. Pengelupasan sel kulit mati adalah baik untuk kulit berminyak dan kering. Hal ini harus dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu.

Bahan:
– Madu
– Air jeruk nipis
– Gula
Cara penggunaan:
– Campurkan semua bahan dan dengan lembut gosokkan pada kulit anda.
– Diamkan selama sekitar 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.
Madu dapat membersihkan kulit, sedangkan jeruk nipis dapat mencerahkan dan gula sebagai exfoliator

2. Melawan Jerawat

Manfaat madu lainnya, masih terkait dengan kecantikan adalah madu dapat membantu mengatasi jerawat. Jerawat tentu saja akan membuat kepercaya diri seseorang terganggu. Jerawat disebabkan oleh penumpukan minyak dan kotoran pada kulit.

Madu berperan sebagai agen pembersih yang ideal, karena dapat menyerap kotoran dari pori-pori pada kulit. Madu juga merupakan antiseptik alami, menenangkan dan menyembuhkan kulit anda, sehingga tak jarang ia digunakan untuk penyembuhan jerawat.

Ketika anda membeli madu, pastikan anda membeli madu asli/murni, karena madu asli memberikan manfaat yang lebih baik dibanding madu olahan. Madu organik juga bisa menjadi alternatif.

Madu dapat dioleskan langsung ke kulit anda. Oleskan tipis sehingga tidak menetes pada leher anda. Setelah itu diamkan selama 30 menit atau lebih, namun alangkah lebih baik jika melakukan tes kulit terlebih dahulu untuk memastikan anda tidak memiliki alergi terhadap madu.

Oleskan sedikit pada rahang anda dan biarkan selama 30 menit, jika tidak ada reaksi, maka kulit anda telah memberikan sinyal hijau untuk menerapkannya ke seluruh wajah anda.

Setelah dibiarkan selama 30 menit, bilaslah wajah dengan air hangat. Setelah itu cukup tempelkan handuk pada wajah, jangan menggosoknya karena dapat mengiritasi jerawat anda.

Madu dapat membersihkan jerawat anda hanya jika hal itu disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika jerawat anda adalah hasil dari iritasi, hormon atau penyebab lainnya, madu mungkin tidak dapat berbuat banyak.

Namun, hal ini tetap dapat membantu untuk menenangkan jerawat yang ada dan menyembuhkan kulit yang teriritasi. Jika masalah jerawat anda sudah sangat akut dan tidak mereda dengan obat-obatan alami, yang terbaik adalah anda mengunjungi dokter kulit anda. (Baca juga: Panduan Lengkap Cara Menghilangkan Jerawat)

3. Rambut Sehat

Manfaat madu berikut ini terkait dengan rambut, dimana madu dengan segala kebaikannya juga melakukan keajaiban untuk mahkota anda tersebut! Madu dapat membantu memperbaiki rambut kering, rusak dan kusam.

Ia juga membantu mempertahankan kelembaban dan menyembuhkan kulit kepala yang kering dan gatal. Cobalah masker rambut berikut ini untuk mendapatkan rambut yang halus, sehat dan berkilau.

Resep Masker Rambut

Bahan:
– Madu
– Minyak zaitun (sebaiknya yang extra virgin)
– Air jeruk nipis
Cara penggunaan:
– Panaskan bersamaan tiga sendok makan minyak zaitun dengan dua sendok makan madu.
– Selanjutnya, tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis dan aduk rata.
– Oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut saat masih hangat.
– Diamkan selama 30 menit atau lebih, kemudian bilas dan bersihkan.

Untuk Cara Cepat:
a. Setelah keramas, tambahkan dua sendok teh madu dan air jeruk nipis dalam tiga gelas air. Aduk sampai merata. Setelah itu cucilah rambut anda dengan ramuan ini dan keringkan seperti biasa; atau
b. Aduk satu sendok teh madu dengan sampo dan oleskan pada kulit kepala dan rambut. Gosokkan sampai berbusa dan biarkan selama dua menit atau lebih. Setelah itu bilas.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

4. Madu Untuk Mata

Nah, manfaat madu berikut ini mungkin sebuah kejutan untuk sebagian dari anda karena madu dapat digunakan untuk perawatan mata. Bangsa Mesir dan India Kuno telah menemukan manfaat madu sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit mata.

Madu juga bermanfaat dalam pengobatan infeksi mata seperti kemerahan, gatal-gatal pada mata, trachoma, konjungtivitis dan penyakit lain yang serupa.

Madu digunakan baik secara internal maupun eksternal untuk mencegah glaukoma di tahap awal. Madu juga dikatakan berguna untuk pencegahan katarak dan membantu penyembuhan sindrom mata kering.

Di bawah ini dijelaskan bagaimana menggunakan madu untuk perawatan mata:

Bahan:
– 1 sendok teh madu
– 1 sendok teh air bersih hangat
Cara penggunaan:
– Larutkan madu dalam air hangat.
– Gunakan dengan cara dioleskan pada area yang terinfeksi atau sebagai obat pencuci mata.

5. Mengontrol Diabetes

Madu bermanfaat juga dalam pengobatan diabetes. Ia merupakan sumber gula alami seperti glukosa, fruktosa bersama dengan vitamin dan mineral seperti tembaga, yodium dan seng dalam jumlah kecil.

Madu memberi anda dorongan energi dan itu adalah pilihan yang jauh lebih sehat dibanding gula putih atau pemanis. Madu dianggap sebagai alternatif yang aman pengganti gula putih bagi para penderita diabetes, namun tetap harus dimonitor secara rutin tingkat gula darah dan makan dalam jumlah yang cukup/tidak berlebih.

Karena tingkat/jenis diabetes bervariasi dari satu orang ke orang yang lain, maka disarankan untuk meminta nasihat dokter anda sebelum mengkonsumsi madu untuk menggunakannya secara aman sebagai alternatif.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat madu lainnya yang mengagumkan adalah madu dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Seperti yang di katakan International Journal of Food Sciences and Nurtrition pada tahun 2009, madu bermanfaat untuk kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah.

Hal ini memungkinkan karena madu mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL) dan secara bersamaan meningkatkan tingkat kolesterol baik (HDL) dalam darah. Madu membantu membersihkan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan mencegah penumpukan plak.

Madu jika dicampur dengan kayu manis akan merevitalisasi pembuluh arteri dan vena jantung, serta mengurangi tingkat kolesterol dalam darah hingga 10%. (Baca juga: 15 Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami)

Tambahkan 1-2 sendok makan madu dan 1/3 sendok teh kayu manis ke dalam satu gelas air hangat dan minum setiap hari. Jika melakukan hal ini secara teratur, ramuan ini membantu mengurangi risiko serangan jantung.

7. Menurunkan Berat Badan

Masukkan madu dalam diet anda untuk membantu menurunkan berat badan. Meminum air hangat yang dicampur jeruk nipis dan madu pada saat perut kosong setiap hari adalah komponen utama dari program penurunan berat badan dan detoksifikasi.

Ini adalah cara terbaik untuk membersihkan hati, mengeluarkan racun dan membuang lemak dari tubuh. Untuk mendapatkan manfaat madu yang optimal dalam menurunkan berat badan, anda dapat mengganti gula putih dan pemanis buatan dengan madu.

Namun, tetap harus diingat dalam mengkonsumsi madu karena dalam satu sendok makan madu mengandung sekitar 63 kalori.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat madu lainnya yang tak kalah penting adalah madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena sifat antibakteri dan antioksidannya yang kuat, sehingga membantu menghindari beberapa penyakit seperti flu, pilek, dll.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, tambahkan 1-2 sendok makan madu ke dalam air hangat dan minum setiap hari pada saat perut kosong. Untuk dorongan ekstra, tambahkan air jeruk nipis dan sedikit kayu manis.

9. Menyembuhkan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Madu juga memiliki manfaat sebagai penekan batuk yang efektif dan membantu meringankan sakit tenggorokan. Menambahkannya ke dalam teh atau air jeruk nipis hangat dapat meredakan batuk dan infeksi tenggorokan.

Madu juga baik untuk anak-anak yang menderita batuk malam dan infeksi saluran pernapasan atas. Mereka harus diberikan dua sendok teh madu sebelum pergi tidur.

10. Penyembuh Alami

Madu merupakan agen antibakteri yang baik dan efektif dalam penyembuhan luka bakar, luka tersayat dan luka tergores ketika digunakan secara eksternal. Madu mempercepat perbaikan jaringan kulit dan meringankan rasa sakit.

Oleskan madu murni pada daerah yang mengalami luka terbuka untuk membuatnya steril dan mencegah infeksi lebih lanjut serta komplikasi lainnya.

Hal ini disebabkan adanya agen pembunuh bakteri yang disebut inhibine, yang ditemukan hanya dalam madu mentah/murni. Sayangnya, inhibine mudah hancur selama proses pasteurisasi.

11. Meringankan Gangguan Pencernaan

Salah satu manfaat madu yang cukup populer dan telah digunakan sebagai obat rumahan selama berabad-abad adalah menyembuhkan masalah pencernaan. Sifat antiseptik madu meredakan keasaman di perut dan memperbaiki pencernaan.

Madu juga menetralisir gas sehingga membuat perut menjadi tenang. Madu dapat digunakan juga untuk mengobati sembelit, mual, dan masalah pencernaan lainnya.

Minum teh dengan madu dapat mengatasi gangguan pencernaan. Cara terbaik untuk mencegah gangguan pencernaan adalah Konsumsi madu 1-2 sendok sebelum makan berat.

Tetapi jika sesudah makan, kamu dapat minum air jeruk nipis dan madu dengan air hangat untuk membantu mencerna makanan di saluran pencernaan

Sumber  : www.akuinginsukses.com

Category: ,

0 komentar