1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Fakta Madu dari Sisi Medis

Madu Tanjung | 15.22.00 | 0 komentar




Madu dikenal memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Cairan manis yang diproduksi oleh lebah ini pun akhirnya digunakan sebagai obat tradisional yang dipercaya bisa mengatasi berbagai kondisi.

Benarkah anggapan tersebut jika dipandang dari segi medis?
Masyarakat umumnya sering mengkonsumsi madu untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti batuk, diare, dll. Tidak hanya itu, sebagian orang juga ada yang memanfaatkannya untuk berbagai permasalahan kulit, seperti mengatasi jerawat, meredakan kulit gatal, dan menyembuhkan luka.

Jika kamu ingin menggunakan madu sebagai obat tradisional, sebaiknya kamu mengetahui manfaat madu ditinjau dari sisi medis, berikut penjelasannya

1. Batuk

Penelitian membuktikkan, manisnya madu bisa memicu produksi air liur yang dapat membasahi tenggorokan dan meredakan batuk.
Minum madu sebelum tidur juga bisa mengurangi batuk pada anak berusia 2 tahun keatas hingga orang dewasa.Manfaat madu bisa disamakan dengan obat batuk yang dijual di apotik.

2. Penyembuhan Luka

Nutrisi yang terkandung di dalam madu bisa mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi rasa sakit, infeksi, nanah, bau tidak sedap.Jenis luka yang dapat disembuhkan dengan madu antara lain luka bakar, luka pascaoperasi, borok kaki, bisul, dan lecet.

3. Diabetes

Penelitian membuktikan bahwa Konsumsi madu setiap hari bisa menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kolesterol dan berat badan juga bisa menurun.Masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

4. Sariawan

Mengkonsumsi madu dengan takaran sekitar 20ml bisa mengurangi tingkat sariawan, berat badan turun dan nyeri saat menelan yang diakibatkan oleh pengobatan kanker di kepala dan leher.Berdasarkan studi klinis resiko sariawan akibat radioterapi juga dapat diturunkan.


Category: , ,

0 komentar