1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Kenali Lebah Lebih Dalam

Madu Tanjung | 12.16.00 | 0 komentar




Lebah merupakan serangga yang hidupnya berkelompok, tapi tidak semua jenis. Lebah termasuk familia Apidae (ordo Hymenoptera), didunia ini terdapat sekitar 20.000 spesies lebah yang ditemukan diseluruh dunia kecuali antartika.

Lebah bersarang diatas pohon kayu. Sarangnya terbuat dari propolis dan malam yang berasal dari lebah betina. Makanan lebah adalah nectar bunga dan serbuk sari.


Tipe Lebah

Terdapat 3 tipe lebah dalam satu sarang, yaitu :

1. Lebah ratu, lebah ini berjenis kelamin betina dan merupakan pemimpin satu koloni lebah, dan hanya terdapat 1 lebah ratu. Tugas lebah ratu adalah bertelur selama hidupnya dan hanya dapat kawin sekali. Lebah ratu mampu bertelur hingga 2000 telur sehari dan makanannya hanya royal jelly.

2. Lebah betina, lebah ini juga disebut lebah pekerja, jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu. Tugas utama lebah ini adalah mengumpulkan serbuk sari dan nektar. Salah satu produk hasilnya adalah madu. Selain itu juga ada lebah yang membersihkan sarang dan merawat telur.

3. Lebah Jantan, lebah ini hanya berjumlah ratusan dalam satu koloni, bertugas mencari pasangan dan menjadi pasangan ratu.

Siklus Hidup Lebah

Lebah mengalami metamorphosis lengkap, karenal melalui telur, larva, kepompong, dan imago. Telur yang dikeluarkan ratu lebah akan menetas dan menjadi larva dalam waktu 3-4 hari.

Masa penetesan larva berbeda tiap lebah :

1. Lebah Ratu butuh waktu 15-16 hari
2. Lebah Betina 21 hari
3. Lebah Jantan 24 Hari

Larva akan diberi makan oleh lebah pekerja berupa serbuk sari, nektar, dan madu. Setelah beberapa hari larva akan beganti menjadi pupa lalu menjadi anak lebah.

sumber : Lebah imut
                 Wikipedia


Category: ,

0 komentar