1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Fakta Sarang Lebah yang Berbentuk Segi Enam

Madu Tanjung | 12.27.00 | 0 komentar



Semua orang tau bahwa madu adalah makanan dengan manfaat yang luar biasa bagi tubuh, tapi belum banyak tau fakta luar biasa dari penghasilnya, yaitu lebah madu.

Lebah madu terkenal sangat melindungi sarangnya dan akan menyerang siapa saja yang mengganggu. Selain itu lebah madu juga terkenal rajin dan cerdas.

Kenapa rajin?, faktanya lebah madu selalu menyimpan madu jauh lebih banyak daripada kebutuhannya, kenapa?. Karena lebah madu memproduksi madu bukan hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk manusia.



Selain itu lebah madu juga disebut cerdas karena bentuk sarangnya. Seperti yang kita tau sarang lebah madu berbentuk segi enam / heksagonal, tidak persegi, lingkaran atau segitiga,mengapa ?


Ternyata bentuk heksagonal / segienam ini bentuk yang sempurna yang tidak meninggalkan ruang-ruang sisa yang tidak berguna sehingga mampu menyimpan lebih banyak madu. Jika berbentuk lingkaran atau persegi akan banyak menyisakan ruang yang tidak berguna dan boros bahan baku yaitu lilin.

Sarang yang dibangun juga dibuat dengan kemiringan 13 derajat, hal ini dimaksud agar tidak ada madu yang tumpah selama disimpan. Hal ini sangat menakjubkan, keteraturan sudunya sangat akurat dan tingkat akurasinya sangat sempurna.

Bentuk segienam ini juga meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Dengan bentuk itu lebah dapat berkerja secara serentak dan tidak mengantri satu-satu, sehingga tidak menghabiskan waktu.

Kualitas dan kekuatan sarang lebah ini juga sangat besar, hal ini dibuktikan dari kemampuan sarang lebah untuk menahan beban ratusan lebah sekaligus penyimpanan madunya.

Selain itu lebah juga menjaga kelembapan sarang untuk melindungi madu dari penurunan kualitas. Jika diperhatikan saat hari panas, akan ada kelompok lebah yang menempel dan mengipasi sarang dengan sayap, menjaga agar suhu didalamnya tetap 35 C.


Sumber : Merdeka
               Indozone
               Kaskus




Category: ,

0 komentar