1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Manfaat Madu untuk Penderita Batu Ginjal Akut

Madu Tanjung | 08.18.00 | 0 komentar

Madu Tanjung | 100% Murni Alami - Semua orang tentunya tahu tentang madu. Cairan kental manis dan legit ini sangat lazim dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga anak – anak. Namun dibalik rasanya yang enak ini ternyata madu mengandung banyak manfaat yang bisa kita rasakan. Selain untuk menjaga kesehatan, madu mampu untuk mengatasi penyakit berat seperti batu ginjal. Benarkah madu mampu untuk mengatasi banyak penyakit berat?tentu saja bisa dan hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Madu dipercaya mampu untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diare, kanker, batu ginjal, kolesterol, dan lain sebagainya. Bukti medis menyebutkan bahwa madu sebagai obat alamiah yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Namun pada artikel kali ini akan dijelaskan khasiat madu untuk penderita batu ginjal.

Manfaat Madu untuk Penderita Batu Ginjal

Madu memiliki beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh ginjal ketika mengalami kerusakan. Kandungan tersebut antara lain pollen, royal jelly, dan juga propolis yang menyediakan mineral dan vitamin untuk metabolisme ginjal pada saat ginjal tersebut mengalami gangguan. Madu juga mampu untuk meregenerasi sel dan memperbaiki bagian – bagian ginjal yang rusak. Banyak kasus kelainan ginjal yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi madu.  Berikut akan diuraikan beberapa manfaat madu untuk batu ginjal :
  1. Madu merupakan sumber antioksidan – Sehingga akan melindungi ginjal dari radikal bebas. Radikal bebas bisa membuat kondisi batu ginjal semakin parah.
  2. Dengan rutin mengkonsumsi madu mampu mengurangi frekuensi mencuci darah akibat gagal ginjal dan untuk batu ginjal mampu mengecilkan massa batu ginjal. 
  3. Madu mampu untuk meregenerasi sel dan mampu memperbaiki jaringan ginjal yang rusak akibat batu ginjal.
  4. Memberikan proteksi pada ginjal dari induksi etanol, metanol, aspirin, dan zat lainnya.
Cara Mengkonsumsi Madu

Sebelum memutuskan untuk melakukan terapi madu perlu diperhatikan seberapa besar kerusakan pada ginjal. Kita perlu melihat seberapa parah indikator kerusakan ginjal atau angka kreatinin. Angka normal berkisar pada nominal 1,4. Kreatinin ialah hasil sisa perubahan keratin fosfat dalam otot. Kreatinin dapat menjadi racun dan mengendap dalam darah apabila ginjal sedang mengalami gangguan. Mengkonsumsi madu dapat dilakukan apabila angka kreatin menunjukkan nominal dibawah 1,4 dan mengkonsumsi madu berfungsi untuk mendongkrak angka kreatin menuju angka normal. Sedangkan apabila kreatinin sudah berada diatas 1,4 maka madu bisa dikonsumsi sebagai pelengkap dari obat yang diresepkan.

Banyak penderita ginjal yang gagal dalam melakukan pengobatan dengan madu karena mereka masih saja mengkonsumsi minuman yang mengandung zat kimia seperti alkohol. Penyakit pada ginjal bisa terjadi apabila ginjal terlalu lelah dalam menyaring sisa metabolisme.

Maka dari itu selain mengkonsumsi madu, perlu dikurangi mengkonsumi minuman  yang mengandung zat kimia. Rutin mengonsumsi air putih akan menjadi pilihan terbaik selain mengkonsumsi madu. Namun dianjurkan untuk mengkonsumsi madu tanpa dicampur apapun. Ini adalah tips mengkonsumsi madu yang baik :
  1. Mengonsumsi madu asli dan tidak bercampur zat apapun. Karena madu yang dicampur zat lain akan mengurangi kualitas madu itu sendiri.
  2. Mengonsumsi saat pagi hari sebelum sarapan dan ketika malam menjelang tidur. Meskipun begitu madu tetap dapat dikonsumsi kapan pun, karena madu memiliki banyak kelebihan untuk kesehatan tubuh.
  3. Mencampurkan madu dengan air liur agar madu mudah dicerna oleh lambung.
  4. Dicampurkan dengan air. Namun gunakan air yang tidak panas dan juga tidak dingin, karena air yang panas dan dingin bisa merusak kandungan yang ada dalam madu.
  5. Meminumnya dengan posisi duduk, hal ini untuk membantu ginjal karena meminum dengan posisi duduk menghidari kita terkena penyakit ginjal. 
  6.  Jangan lupa doa.
Berikut ini adalah fakta tentang ginjal yang harus diketahui:
  1. Organ tubuh yang memiliki fungsi sebagai penyaring sisa metabolisme dan mengeluarkannya dari tubuh dalam bentuk urin adalah ginjal.
  2. Ginjal akan rusak jika tubuh banyak kemasukan zat-zat kimia seperti zat pewarna, zat perangsang, zat penguat rasa zat pengawet dan juga obat-obatan kimia.
  3. Kerusakan pada ginjal akan terjadi jika ginjal berkerja terlalu keras sehingga menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.
  4. Ginjal yang mengalami kerusakan akan menyebabkan nyeri pinggang dan jika sudah parah akan mengalami kencing berdarah dan bernanah.
Itulah manfaat madu bagi penderita batu ginjal. Madu bisa dikonsumsi sehari-hari untuk pencegahan terhadap penyakit. Selain itu meminum madu setiap hari mampu menambah vitalitas tubuh agar tidak mudah sakit. Madu juga baik dikonsumsi untuk anak-anak. Demikian artikel tentang madu untuk penderita batu ginjal semoga bermanfaat dan terima kasih.
Sumber : halosehat.com

Category: , ,

0 komentar