1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Manfaat Royal Jelly untuk Kecantikan Kulit

Madu Tanjung | 09.30.00 | 0 komentar

Madu Tanjung | 100% Murni Alami -Royal jelly adalah cairan yang berwarna putih keruh yang dihasilkan oleh kelenjar hipofaring lebah pekerja.

Royal jelly digunakan sebagai nutrisi untuk larva dan ratu lebah. Nutrisi khusus ini bermanfaat untuk meningkatkan ukuran, kesuburan, dan meningkatkan umur panjang ratu lebah.

Oleh karena itu, royal jelly telah digunakan sejak dulu oleh manusia baik untuk dikonsumsi secara internal maupun secara eksternal untuk memelihara dan meningkatkan penampilan kulit.

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara umum, royal jelly juga menawarkan berbagai manfaat untuk kulit.

Berikut adalah kandungan dan sifat yang dimiliki oleh royal jelly:

    Kaya akan vitamin B kompleks, asam amino, dan enzim
    Memiliki sifat sebagai antibakteri dan antibiotik alami
    Berfungsi sebagai anti-inflamasi
    Memiliki sifat untuk penyembuhan luka pada kulit
    Memiliki sefat sebagai anti-aging dan anti-kerut
    Berfungsi sebagai sunscreen
    Memiliki sifat sebagai antioksidan
    Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

1. Royal Jelly untuk Jerawat

Terdapat banyak perawatan kulit alami untuk mengatasi jerawat sekaligus menghilangkan bekasnya, salah satunya adalah royal jelly.

Royal jelly mengandung vitamin kompleks, mineral, protein, dan asam amino yang penting dalam mengatasi jerawat.

Royal jelly juga bekerja sebagai antibiotik, menyeimbangkan hormon, dan mengurangi kolesterol yang merupakan penyebab utama kulit berjerawat.

Meskipun dapat mengambil dalam bentuk suplemen, cara terbaik menggunakan royal jelly untuk mengusir jerawat adalah dengan mengoleskannya dalam bentuk segar langsung pada kulit.

PH kulit sebenarnya sedikit asam karena berfungsi untuk melindungi kulit dari invasi bakteri dan debu yang menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat.

Royal jelly juga asam dan meupakan asam hidroksil (hydroxyl acid) alami, dimana sebagian besar krim kulit banyak menggunakan asam hidroksil ini.

Royal jelly dapat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit secara umum dengan mengurangi jerawat, komedo, bekas luka, serta membuat kulit tampak lebih halus dan cerah.

2. Royal Jelly sebagai Anti Penuaan (Anti-Aging)

Regenerasi dan perbaikan jaringan kulit sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat, kencang, tampak muda.

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk memperbaiki sel-sel yang rusak semakin berkurang karena menurunnya produksi kolagen. Kondisi ini membuat kulit tampak tipis dan kendur sehingga penampilan kulit menjadi tidak menarik.

Untuk menjaga elastisitas kulit diperlukan peningkatan produksi kolagen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa royal jelly mengandung nutrisi, mineral, dan antioksidan yang mendukung proses regenerasi kulit serta dapat meningkatkan produksi kolagen.

Inilah yang menjadi alasan royal jelly digunakan secara luas dalam pembuatan krim wajah dan krim mata untuk mengurangi serta menyamarkan kerutan.

3. Royal Jelly sebagai Sunscreen

Sifat farmakologi unik yang dimiliki oleh royal jelly telah memicu banyaknya penelitian untuk melihat efek royal jelly pada kulit manusia.

Salah satu manfaat baik yang dimiliki oleh royal jelly adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVB dengan meningkatkan produksi kolagen.

Royal jelly mengandung protein, karbohidrat, asam amino, lemak, dan mineral. Kandungan utama asam lemak tak jenuh yang dimilikinya yaitu 10-hydroxy-2-decenoic Acid (10-HDA) yang juga memiliki sifat sebagai anti-tumor dan antibakteri serta memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh departemen ilmu kedokteran Universitas Kyung Hee Seoul Korea, royal jelly mengandung sekitar 0,211% 10-HDA. Kulit yang diberi perawatan dengan royal jelly ditemukan adanya peningkatan pada produksi prokolagen tipe 1 dan TGF-beta 1.

4. Royal Jelly untuk Penyembuhan Luka

Royal jelly dikenal dapat menigkatkan kekebatan tubuh, memiiki sifat antibakteri, dan membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Royal jelly memiliki protein yang dapat meningkatkan kekebalan yang disebut royalisin.

Royalisin bersama dengan kompleks protein lain yang disebut protein royal jelly utama merupakan senyawa yang memberi kemampuan pada lebah untuk melawan bakteri, alergi, dan penyakit alam lainnya.

Sementara beberapa studi telah dilakukan tentang bagaimana royal jelly meningkatkan penyembuhan luka, meski bukti ilmiahnya masih terbatas tapi hasilnya sangat menggembirakan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh lembaga kesehatan nasional di Amerika tentang manfaat penggunaan royal jelly secara topikal pada ulkus diabetikum (luka pada kaki akibat diabetes) menyimpulkan bahwa selain pengobatan konvensional, royal jelly dressing bisa menjadi metode yang efektif untuk mengobati luka pada kaki akibat diabetes.

5. Royal Jelly untuk Melembabkan Kulit

Madu dan royal jelly telah digunakan untuk perawatan kulit selama bertahun-tahun. Royal jelly bahkan menjadi bagian dari rangkaian perawatan kecantikan kulit perempuan Mesir.

Mereka menggunakannya sebagai pelembab wajah dan tabir surya untuk melindungi kulit dari kondisi yang keras daerah gurun.

Royal jelly dapat secara efektif digunakan sebagai pelembut kulit kering, lotion untuk mengencangkan kulit, dan pelembab kulit yang stres.
Sumber : www.biutiva.com

Category: , ,

0 komentar