1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Manfaat Royal Jelly

Madu Tanjung | 13.49.00 | 0 komentar


Royal Jelly adalah zat yang berasal dari kelenjer hipofaring lebah pekerja yang berada didalam tenggorokan bagian bawah.Bentuknya seperti susu kental dan berfungsi sebagai nutrisi bagi larva dan bayi lebah.

Bayi dan larva lebah hanya makan royal jelly 3 hari saja.Namun, ratu lebah memakan royal jelly selama masa pertumbuhan lebah ratu.

Sama seperti madu, royal jelly sudah sangat terkenal sebagai obat herbal, saat ini juga masih banyak yang menjual royal jelly.Tapi apa saja manfaat dari royal jelly? Simak ulasan berikut.

1. Mencegah Kolesterol

Salah satu manfaat royal jelly adalah mencegah kolesterol. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian di jepang yang dilakukan oleh para ahli kesehatan. Para peneliti menggunakan sampel sebanyak 15 orang yang menderita kolesterol tinggi.

Kemudian setengahnya diberikan royal jelly sebanyak 6 gram per harinya selama 4 minggu sedangkan setengah lainnya tidak.Hasilnya penderita kolesterol yang mengkonsumsi royal jelly mengalami penurunan kolesterol jahat secara signifikan.Jadi royal jelly sangar disarankan untuk kamu yang mengalami kolesterol tinggi

2. Mencegah kanker payudara

Studi dilakukan oleh mahasiswa di universitas Kyushu jepang. Hasilnya royal jelly dapat menghambat sel kanker payudara karena memiliki anti esterogen. Cara kerjanya adalah denga menghambat BPA dimana ini adalah estrogen yang dapat memicu munculnya kanker payudara yang disebabkan oleh adanya sel MCF-7.

BPA ini banyak ditemukan di dalam kantong plastik yang biasanya digunakan untuk membungkus makanan. Jadi bisa kamu bayangkan berapa banyak resiko sel kanker payudara masuk ke dalam tubuh setiap harinya.

3. Mencegah osteoporosis

Masih pada penelitian di jepang dimana para peneliti ini menggunakan tikus sebagai hewan percobaannya. Hasilnya royal jelly dapat membantu usus untuk menyerap kalsium sehingga mampu mencegah osteoporosis.

Oleh karena itu banyak orang yang menjadikan royal jelly sebagai suplemen tambahan. Bagi anda yang sudah mengalami osteoporosis juga belum terlambat untuk mengonsumsi royal jelly ini.

4. Mengendalikan gula darah

Ada yang mengatakan bahwa di dalam royal jelly mengandung insulin namun hal ini belm bisa dipastikan karena sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menguatkan.

Meskipun demikian penelitian yang dilakukan di jerman bisa menjadi bukti bahwa royal jelly mampu mebantu mengendalikan gula darah. Dengan menggunakan sampel sebanyak 20 orang mereka ini menderita gula darah tinggi dan kemudian setengah sampelnya diberikan royal jelly sebanyak 20 gram sedangkan setengahnya tidak diberikan royal jelly.

Setelah 2 jam gula darah di cek kembali dan ternyata mengalami penurunan disbanding yang tidak menkonsumsi royal jelly.

5. Meremajakan kulit

Penelitian juga dilakukan di jepang dimana menggunakan sampel tikus. Dalam penelitian yang dilakukan oleh departemen farmakologi, Nihon university mendapatkan hasil dimana royal jelly memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka sehingga luka menjadi cepat sembuh.

Kandungan alami yang dimiliki royal jelly dapat membantu meremajakan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam di dalam royal jelly berfungsi sebagai pembantu produks kolagen kulit sehingga dapat menjadi lebih baik dan lebih sehat lagi. Dengan ini kulit akan menjadi lebih cerah dan lebih terlihat awet muda.




Sumber : Manfaat.co.id

Category: ,

0 komentar