1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Cara Terbaik Minum Madu

Madu Tanjung | 11.33.00 | 0 komentar




Madu adalah salah satu obat alami yang dianjurkan Rasulullah saw, dan para Ahli pun telah sepakat bahwa madu adalah salah satu makanan alami yang paling bergizi di dunia ini.

Beberapa ahli menyatakan bahwa madu dapat berperan sebagai antibiotik alami yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat yang ada dalam tubuh.
Sementara di Indonesia, madu sering dikonsumsi untuk pengobatan berbagai penyakit seperti batuk, ataupun sekedar menjaga kesehatan karena Rasulullah pun rutin minum madu pada pagi hari.

Namun, perlu hati-hati dalam cara mengkonsumsi madu yang benar, berikut ini adalah panduan mengkonsumsi madu yang Kami kumpulkan informasinya dari berbagai sumber.


Aturan Minum Madu yang Benar

Meskipun madu merupakan minuman yang bisa didapatkan tidak tergantung musim sehingga tersedia kapanpun kita inginkan, tetapi minum madu yang baik adalah ketika perut sedang kosong dan sangat dianjurkan ketika pagi hari yakni ketika tubuh sedang membutuhkan supply energi.
Konsumsi madu yang disarangkan per hari sekitar 50-100 gr

Cara Minum Madu yang Salah

Ada beberapa cara yang dianggap salah dalam mengkonsumsi madu, berikut ini contohnya:Jangan mencampur madu dengan air es ataupun air panas kaarena dapat menghancurkan enzim dalam madu sehingga akan mengurangi manfaat madu secara keseluruhan

Tidak perlu menambahkan madu dengan makanan yang kaya akan vitamin seperti vitamin C dan vitamin D karena kandungan mineral dalam madu akan merusak vitamin tersebut, dengan demikian madu akan menghilangkan manfaat pada makanan tersebut.

Madu tidak boleh dicampur dengan tahu karena campuran kedua bahan tersebut akan mengakibatkan negasi nutrisi dan gangguan pencernaan.

Cara Minum Madu yang Benar

Banyak cara untuk mengkonsumsi madu, bahkan Anda dapat mengkonsumsinya meskipun baru saja diambil dari sarang lebah. Namun cara yang benar minum madu adalah sebagai berikut:

Kamu bisa mengikuti Rasulullah dalam mengkonsumsi madu, yaitu meminumnya langsung dan tidak langsung ditelan, tetapi dilumerkan di mulut sehingga bercampur dengan liur.

Selain itu kamu juga dapat mencampurkan madu dengan air, madu asli butuh waktu 15 jam untuk diserap tubuh, sedangkan madu yang dicampur madu hanya butuh 30 menit.

Cara Minum Madu untuk Sakit Panas dan Demam

Diagnosa terlebih dahulu dengan cara menyentuh punggung kaki, jika terasa panas maka turunkan panasnya, caranya adalah tuang 1 sdm madu murni ke dalam gelas terlebih dahulu, setelah itu tuangkan air. Aduk dan minumkan, insyaAllah tubuh akan turun panasnya.

Jika punggung kaki terasa dingin, maka hilangkan menggigilnya, caranya adalah tuang air putih ke dalam gelas terlebih dahulu setelah itu tuangkan 1 sdm madu murni. Aduk dan minumkan, insyaAllah akan hilang menggigilnya, tubuh akan terasa hangat.

Pastikan bahwa airnya tidak es ataupun panas, hangat kuku boleh.
Sampai saat ini madu masih banyak dikonsumsi orang-orang. Tetapi perlu diperhatikan baik-baik cara konsumsinya agar madu benar-benar memberikan manfaat, bukannya malah memberikan keburukan bagi tubuh.

Dan pastikan untuk membeli produk madu yang berkualitas, jangan melihat harganya karena harga merepresentasikan kualitasnya. Pilih dan konsumsilah madu dengan baik dan benar jika memang Anda ingin mengkonsumsi madu. Semoga bermanfaat.

Category: ,

0 komentar