1 / 5
2 / 5
3 / 5
4 / 5
5 / 5

Manfaat Rahasia Propolis atau Sarang Lebah

Madu Tanjung | 19.59.00 | 0 komentar



Lebah terkenal sebagai serangga penyengat yang menghasilkan madu.Selain manis,madu juga banyak digunakan di bidang kesehatan atau di campur  dalam makanan atau minuman sehari-hari.Ternyata tidak hanya madunya yang sangat bermanfaat,tapi sarangnya juga lhoo..

Sarang lebah atau propolis adalah bahan resin yang dikumpulkan lebah dari pucuk muda dan kulit pohon.Bahan ini digunakan untuk menutupi celah di sarang mereka.

Dari hasil penelitian,lebah paling sulit ditembus bakteri,ini karena lebah memproduksi Propolis sehingga sarang dan larvanya tetap steril.Sarang lebah sendiri memiliki antibiotik alami yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Kandungan Propolis atau Sarang Lebah

Selain memiliki senyawa antibiotik,Sarang Lebah atau propolis mengandung protein, yaitu vitamin A, B kompleks, C, D, E, Biotin, dan Bioflavonoid yang mampu memperbaiki saluran darah. Bioflavanoid setara 500 buah jeruk dan 200.000 ekor lebah hanya menghasilkan 20gram/tahun.

Manfaat

1. Anti Jamur, virus, dan bakteri

          Bioflavonoid yang ada di dalam propolis atau sarang lebah mampu menjaga lapisan protein yang melindungi tubuh dari virus yang berkembang biak.

2. Anti Oksidan

          Radikal bebas adalah sel tubuh yang menyerang sel normal untuk memberikan elektronnya.Sel normal yang kehilangan electron akan menjadi sel cacat dan menyebabkan berbagai penyakit.
Di dalam propolis terdapat antioksidan alami yaitu vitamin A, C, E yang dapat memberikan elektrin untuk menetralkan radikal bebas.


3. Perangsang system imun

          Bioflavonoid berperan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh dengan cara menigkatkan Makrofag dan Limfo-T yang berguna untuk menghancurkan jamur, virus, bakteri, dan sel bebas.

4. Anti Tumor

          Salah satu akibat dari sel cacat yang sudah di bahan sebelumnya adalah tumor.Sel ini menjadi tidak terkendali dan memperbanyak diri terus menerus.
          Hal ini karena kurangnya anti oksidan dan zat ini sudah ada didalam propolis.

5. Mencegah gangguan pernafasan

          Propolis membantu system kekebalan tubuh untuk melawan penyakit pernafasan kronis, melindungi paru-paru dari radikal bebas.Karena kerjanya sebagai Bronchodilator,propolis dapat mencagah asma.




Category: , ,

0 komentar